Camping di Curug Cihurang, Gunung Halimun Salak, Bogor

Camping ini sudah kami lakukan pada bulan April 2017 sebenernya, yang kami rencanakan bersama Om Untung Nugroho dan Nte Nina dari FCC untuk mengobati kerinduan yang terpendam (biar kayak lagu Dewa). Mulailah kita hunting hunting menggunakan jasa internet dan jasa ahli camping yaitu Om Adri. Berbagai survey langsung dilakukan om Adri di berbagai wilayah kekuasaan yaitu sekitar Gunung Salak Halimun, dari lokasi camping yang lama ke lokasi camping yang baru.

Akhirnya event camping ini diikuti oleh beberapa keluarga FCC dan keluarga Perumahan antara lain :

  1. Keluarga Om Untung Nugroho
  2. Keluarga Nte Nina
  3. Keluarga Kang Bandoro
  4. Keluarga Aa Gilang
  5. Keluarga Kang Yazid
  6. Keluarga saya sendiri dong
  7. Om Syaukani + Mas Rizqi
  8. Om Noorman, Om Agung, Om Awal, Om Fadhil

Silahkan belanja keperluan camping dan outdoor di Celcius Outdoor (Bukalapak dan Tokopedia).  Bisa COD di area Depok dan Pejaten (hari kerja). 

    Kenapa dipilih Curug Cihurang adalah karena beberapa hal yang selalu kami pilih saat mau melakukan camping bersama keluarga, yaitu lokasi deket sama parkiran, lokasi deket sama sungai, ada air terjun dan lokasi tracking. Dan curug cihurang ini terdapat semuanya.

    Dan waktu yang ditentukan akhirnya datang juga kita kumpul di Rest Area Sentul km 35 untuk beberapa tetangga dan nte nina, dan untuk om untung berangkat agak siang karena ada keluarganya yang meninggal dunia. Kita berangkat beriringan sekitar 5 mobil dari Rest Area Sentul dan sekitar 2 jam perjalanan kita sudah sampe Curug Cihurang Camping Ground melalui jalur Ciapus, Curug Luhur. Sebagai informasi rute ini penuh dengan tikungan dan tanjakan yang lumayan elevasinya juga beberapa tikungan dengan kombinasi jalan yang sempit dan tak terlihat.

    Tikungannya yang mantab membuat pak sopir makin terlatih memainkan koplingnya,,maklum eike masih pake manual hehehe… Tapi Alhamdulillah masih pake manual jadi bisa responsif saat di tanjakan dan lebih bisa stop and go. Beberapa temen yang menggunakan matic moderat kaya Honda Freed sempat memandang nanar tanjakannya,,,hehehe, Alhamdulillah kita semua bisa sampe Curug CIhurung dengan barisan HRV, Freed, Avanza, APV dan tentunya Datsun Go.

    Lokasi memang deket dengan parkiran dan sangat deket ke air terjun sama seperti di Capolaga, dan di curug cihurang kita sudah ditunggu sama Om Adri dan Istri yang sudah hafal dengan daerah Gunung Bunder karena memang Om Adri tinggal di kawasan Pamijahan,

    Lokasi camping yang deket sama air terjun membuat suasana camping seperti di Capolaga, debur air terjun terdengar hingga ke dalam tenda,,, seru banget.Debur air terjun bahkan bisa kerasa menderu,,, Camping di curug ciherang memberikan banyak arena outdoor buat keluarga seperti hammock, berlari-lari naik turun diantara hutan pinus, main air di sungai, bahkan nyalain lampion juga enak karena ada area di tengah yang luas. Dan tentunya jangan sampe terlupa untuk api unggun.

    Lokasi Camping Ground di Curug Cihurang

    Disini kita rencanakan camping selama 3 hari 2 malam, namun karena hujan deras yang mengguyur di malam pertama membuat tetangga rumah yang ikut merubah jadwal jadi 2 hari 1 malam,,, disamping baju anak-anaknya habis karena main air sungai dan hujan juga mungkin penyesuaian saat terlalu lama dalam tenda buat anak-anaknya. Padahal sudah banyak game yang kami siapkan. Jadi tinggal 3 keluarga dan beberapa yang berangkat nenda sendiri.

    Mas Rakha dan Dek Aldric menikmati rintik hujan

    Secara lokasi memang bagus untuk camping dengan sungai yang dekat dengan lokasi camping dan ketersediaan toilet dan musholla yang memadai. Hany memang untuk penggunaan tenda dengan kapasitas besar seperti untuk tenda kapasitas 6 orang agak susah disini, dikarenakan lokasi camping beberapa sudah dibuat parit-parit seukuran tenda untuk 4 orang.

    Disinilah serunya tenda om untung dan tenda saya yang kapasitas gaban susah menemukan lokasi yang pas dan akhirnya pas hujan lumayan deras tenda kami kebanjiran karena pas di lokasi agak miring dan ternyata di balik rumput yang menjadi alas tenda agak sedikit lubang yang menjadi tempat tabungan air.

    Sungai yang sangat bersahabat buat anak anak bermain air
    Pohon pinus tempat hammock bersandar
    Tenda Gaban om untung yang kebanjiran juga,,, hehehe
    Games buat anak anak
    Curug CIhurang yang hanya 50 meter dari lokasi camping
    Games buat anak anak
    Tenda Tenda yang kebanjiran,,,hehehe
    Lokasi Parkir Mobil
    Warung dekat lokasi camping yang buka 24 jam
    Lokasi Camping dari Parkiran hanya sekitar 20 meter
    Toilet dekat Lokasi Camping yang free
    Lokasi dekat sungai
    Toilet yang masih sederhana
    Curug Cihurang
    foto bareng dulu sebelum pulang

    So, dengan 3 hari 2 malam kami menikmati camping di Curug Cihurang ini ada beberapa hal yang positif yaitu :

    • Lokasi dekat dengan parkiran
    • Biaya camping masih sangat terjangkau
    • Akses sangat mudah ke lokasi camping
    • Dekat dengan air terjun dan sungai
    • Masih alami dan udara masih cukup dingin
    • Masih banyak pohon pinus
    • Toilet gratis jika kita camping
    • Tersedia Musholla
    • Tersedia warung 24 jam
    • Dekat dengan lokasi curug lain
    • Tersedia listrik, catering, api unggun jika kita memerlukan

    Selain itu masih ada kekurangan dari lokasi camping curug Cihurang yang perlu diperbaiki sehingga menambah nilai kenyamanan buat campinger disini antara lain :

    • Toile perlu diperbaiki atau direnovasi karena pas kami camping pas juga ada satu pintu toilet paling barat yang rubuh atapnya, untungnya temen pas di toilet sampingnya. Toilet masih belum permanen.
    • Tiket masuk sebaiknya dijadikan satu di tiketing depan.
    • Lokasi camping seharusnya dipisahkan akes jalannya dengan pengunjung yang akan ke air terjun.

    So far pengalaman camping kami tetaplah sangat menyenangkan, meskipun banjir namun kami tertolong dengan kasur tiup yang selalu kami bawa buat anak-anak. Pemerintah Bogor perlu sangat memperhatikan dan meningkatkan fasilitas wisata Curug Cihurang sehingga bisa menjadi destinasi wisata para campinger yang sudah menjadi virus positif saat ini.

    Akhirnya setelah packing semuanya, kami siap siap pulang mengikuti GPS life yaitu om untung lewat jalur Ciampea, Cikampak, Leuwiliang Dramaga.

    Dengan jarak yang hampir sama, namun akses jalan lebih lebar dan bersahabat. Tidak terlalu banyak tanjakan dengan tikungan yang tajam. Sehingga jalan ini sangat kami rekomendasikan untuk anda yang mungkin masih kagok dengan tanjakan dan tikungan tajam, dibandingkan dengan jalur berangkat kami melalui jalan Ciapus.

    Dan kita setelah masuk Tol Jagorawi kita sudah bebas menentukan arah kemana kita akan pulang dan kembali berpetualang kembali. Jangan sia-siakan waktu senggangmu saat anak-anak masih perlu banyak petualangan baru buat hidupnya. Sehingga mereka tumbuh sebagai anak yang menyukuri dan mencintai alam negerinya dan ciptaan Allah Swt.

    Salam Sahabat Alam Indonesia

    #masih banyak foto yang belum ter upload,,,sabar ya

    2 thoughts on “Camping di Curug Cihurang, Gunung Halimun Salak, Bogor

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s